Minggu, 21 Januari 2018

CATATAN PERJALANAN AWAL TAHUN 2018



MY MEMORY WITH BUTAKALA’S FAMILY

(ANIVERSARY 9th D’TRAV BLITAR)

FOTO 1 FOTO BERSAMA D'TRAV FAMILIA
 
Hai guys…lama sekali saya tidak menulis cerita di blog tercinta ini. Nah, untuk mengobati rasa rindu pada dunia tulis via online ini…saya akan berbagi satu catatan perjalanan yang cukup istimewa hari ini. Judulnya…udah tertera di atas kan yak…tapi okelah…saya tulis lagi. MY MEMORY WITH BUTAKALA’S FAMILY (ANIVERSARY 9th D’TRAV BLITAR) di Pendopo Ronggo Hadi Negoro yang terletak di kantor kabupaten Blitar. Tepatnya di utara Aloon – Aloon kota Blitar. Oya, tepatnya kegiatan ini dilaksanakan tanggal 21 Januari 2018 mulai dari pkl 09.00 – 14.00 WIB. Gimana ceritanya…simak terus ya guys…

Kebiasaan jelek saya yang sedikit mengulur waktu untuk melakukan kegiatan membuat saya datang terlambat di acara yang cukup penting. Perayaan ulang tahun D’TRAV. Apa sih D”TRAV itu? D’TRAV itu komunitas pecinta traveling yang didirikan oleh sahabat saya di SMA sejak tahun 2009. Alhamdulillah tahun ini memasuki usia ke 9. Kalau tahun kemarin dirayakan dengan syukuran tumpeng di Perpustakaan Bung Karno Blitar, tahun ini perayaannya diadakan dalam bentuk seminar dan workshop di Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar yang terletak di utara Aloon – Aloon Kota Blitar. Saat saya tiba dengan motor beat kesayangan…hehe…acara sudah dimulai dengan kegiatan touring sekitar pendopo. Disana sudah ada beberapa guide yang memberikan penjelasan tentang bangunan yang ada disana. Sekilas dari yang saya simak, pendopo ini masih tetap berungsi sebagai acara upacara tertentu walaupun sekarang pemerintah kabupaten sudah memiliki kantor di kabupaten Kanigoro. Seluruh ruangan boleh dimasuki. Dimana ruangan ini terdiri dari beberapa ruang. Semuanya berisikan kursi dan meja yang ditata sedemikian rupa dengan ornament yang penuh nuansa klasik dan perpaduan eleganitas jaman sekarang. Namun, ada satu ruangan yang tidak boleh dimasuki yaitu ruangan bupati. Penasaran kan seperti apa isi yang ada di dalam pendopo…buat teman – teman yang penasaran…silahkan datang berkunjung setiap hari Minggu mulai jam 09.00 – 14.00 WIB. Pada hari itu dibuka untuk pariwisata umum lengkap dengan pemandunya. Oya, tiket masuknya GRATIS TOTAL….

Oke lanjut, setelah kegiatan touring acara dilanjutkan dengan kegiatan seminar dan workshop. Diantaranya terdiri dari pengenalan D’TRAV oleh salah satu pendiri D’TRAV…teman baik saya…Gali Hardyta. Selain pengenalan Mas Bro yang satu ini juga berbagi wawasan tentang bagaimana menjadi traveler yang smart. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Samsulanam, ST., MM., perwakilan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar. Judulnya Peran Traveler dalam Promosi dan Perkembangan Pariwisata. Materi yang beliau sampaikan sangat menarik. Lanjut materi ketiga yaitu dari Bapak Luhur Budiono selaku Ketua Porbudpar Kabupaten Blitar. Beliau menyampaikan wawasan tentang hak dan kewajiban traveler. Setelah penyampaian materi diadakan sesi tanya jawab. The next session is coffe break. Seluruh peserta diperbolehkan untuk menikmati snack dan minuman yang telah disediakan panitia. Bagi yang ingin melaksanakan shalat juga sangat disarankan. Sebagai pengantar pada sesi terakhir, panitia menyuguhkan satu penampilan tari kreasi tradisional berasal dari Jogja yang berjudul Tari Galier oleh salah satu anggota D’TRAV yang bernama Neneng Chusna. Penampilan yang cukup menarik dan menghibur. Lanjut ke sesi terakhir. Penyampaian materi yang sangat ditunggu – tunggu oleh semuanya. Termasuk saya (haha…kalau boleh jujur…ini materi yang paling membuat saya semangat untuk datang). Apakah itu ? Materinya adalah tentang PHOTOGRAPHY dari NICON CLUB JAWA TIMUR. Pematerinya bernama Nevi Destriandri. Disini dijelaskan tentang kunci utama bagaimana mengambil gambar dengan menggunakan kamera. Tentu saja dilengkapi dengan beberapa foto sebagai contohnya. Kemudian acara selanjutnya sesi tanya jawab. Di bagian akhir MC (baca: Zidny dan Hesti) membagikan hadiah doorprize berupa 4 sandal gunung dari azimuth dan sebuah kaos official dari D’TRAV. But, I have unlucky number. Saya gak dapat hadiahnya. Hahaha…eh salah…Hiks Hiks hiks…. Acara pun ditutup oleh MC dan diakhiri dengan sesi narsis berjama’ah. ASYEK.
Sangat menyenangkan sekali mengikuti kegiatan ini. Dari pemaparan materi yang sangat padat dapat saya ambil kesimpulan seperti ini.
“D’TRAV adalah komunitas yang memang murni ingin membagi wawasan tentang apa aja yang ada di Blitar. Dalam artian tidak hanya tentang pariwisata. Tapi juga tentang kebudayaan sebagai bagian dari asset bangsa dan sarana prasarana edukasi bangsa. Pokoknya segala sesuatu yang menjadi bagian dari sebuah perjalanan yang menyenangkan saat ingin berlibur atau melepas penat. Perjalanan edukatif dan dedikatif. Nah, untuk menjadi seperti itu harus menjadi traveler yang SMART. Salah satunya harus selalu pandai meperkirakan segala kemungkinan yang akan terjadi saat melakukan traveling. Seperti CUACA, ATURAN TEMPAT TERSEBUT, dan juga ATTITUDE. Nah, kalau sudah menjadi traveler yang SMART…ada nilai lebihnya teman – teman. Ternyata traveler itu memiliki nilai istimewa. Tahu nggak…traveler kan selalu memberikan informasi dari hasil perjalanannya ke publik, jadinya secara tidak langsung….informasi ini juga membantu pemerintah dalam mengembangkan dunia pariwisata di kota tercinta kita. Haha…keren kan? Itu yang menyampaikan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar sendiri lho teman – teman…..yaitu sebagai bagian dari input dan output data dunia pariwisata. Tapi jangan berbangga berlebihan ya teman – teman. Kata Bapak Porbudpar tercinta kita….sebagai traveler harus sadar akan hak dan kewajiban yang dijalankan secara seimbang. Nah, untuk hal paling penting. Wakakakakakaka….hobi para traveler kita (termasuk saya). Narsis time…hahaha….nggak – nggak…tapi pembuatan dokumentasi gambar agar informasi yang diberikan lebih menarik. Kata Abang Nevi dari Nikon Club ini….semua harus dipelajari berdasarkan jam terbang. Semakin banyak berlatih akan semakin mahir. Eits…belajar apaan sih? Jepret – jepret doang? Yah…bertahun – tahun jepret juga udah. Tapi tetep aja nggak bisa hasilin foto yang bagus. Bukan itu….tapi belajar bagaimana mengatur cahaya, mengatur komposisi, dan angle foto. Nah, katanya butuh ketajaman feeling. Hehe….mau ahli foto…nyok giat berlatih. Apalagi kalau bisa ambil foto yang bagus bisa menghasilkan rejeki lho…..

Nah dari simpulanku yang puanjang tadi inti dari kegiatan tadi alias lebih intinya lagi berangkatlah menjadi traveler yang memiliki komunitas yang dapat dipertanggungjawabkan agar aman lahir batin. Terus pahami aturan – aturan menjadi traveler agar selamat lahir batin. Jangan lupa bagi hasil perjalanan untuk ikut serta mengembangkan pariwisata di kota kalian. Sekalian seimbangkan hak dan kewajiban. Terakhir, rangkum semua dalam dokumentasi yang cantik.

Hhhhhhh……………aku bahagia hari ini. Melewatkan hari bersama D’TRAV. Lumayaaaan…..dapat oleh – oleh sertifikat dan juga stiker. Oya, sama foto yang kece badai. Semua fotonya aku taruh di bawah ya guys.

Sekian dulu…catatan perjalananku yang mengisi kehidupan seorang DITA hari ini. Semoga aka nada catatan perjalanan lainnya lagi. BYE!!!!!!! (Kalau ada penulisan yang keliru…mohon maaf ya…keadaan sudah mulai hilang fokus).

FOTO 2 TOURING PENDOPO 1

FOTO 3 TOURING PENDOPO 2

FOTO 4 GUIDE DARI PENDOPO

FOTO 5 BERBURU INFORMASI PADA GUIDE YANG KEREN

FOTO 6 PEMBUKAAN SESI SEMINAR DAN WORKSHOP OLEH MC (ZIDNY DAN HESTI)

FOTO 7 SESI MATERI DARI BADAN PROMOSI DAN PENGEMBANGAN PARIWISATA KAB. BLITAR

FOTO 8 SESI WORKSHOP FOTOGRAFI

FOTO 9 SUASANA SEMINAR DAN WORKSHOP

FOTO 10 MASIH SAMAAAAA.....HEHE....

FOTO 11 ISI WAKTU SAAT COFFE BREAK......NARSIS TIME...MUKUCIH ADEK BAGUS UDAH MOTOIN

FOTO 12 PENAMPILAN TARI GALIER BY CHUSNA D'TRAV

FOTO 13 FOTO DENGAN CHUSNA SANG PENARI D'TRAV

FOTO 14 NARSIS DENGAN SLEMPANG #SHAREBLITAR DI DEPAN PINTU PENDOPO...MUUCIH UDAH DIPOTOIN (HHH....LUPA SIAPA TADI...ADEUH)

FOTO 15 SALAH SATU PEMBAGIAN DOOR PRIZE

FOTO 16 TERIMA KASIH PARA OPERATOR.....SEMANGAT!!!

FOTO 17 SELFIE BERJAMA'AH DULU SEBELUM PULANG

FOTO 18 NGINTIP SESI EVALUASI PANITIA


- THE END -


Posting Komentar