Senin, 08 Desember 2014

DUA AGAMA YANG BENAR MENURUT ISLAM



Hay guys…topik yang gue bahas kali ini adalah topik yang gue dapet dari hasil ngikutin kegiatan taddabur qur’an bersama Ustd. Bachtiar Nasir di Masjid Agung Sudirman, Denpasar tanggal 7 Desember 2014. Dalam ceramahnya beliau mengatakan ada dua agama yang benar menurut kacamata Islam. Ini menarik dan gue juga setuju. Penasaran, apa aja agama yang benar itu ? Ini dia…
Ajaran agama yang benar menurut Islam yang disampaikan oleh Ustd. Bachtiar dan membuat gue manggut – manggut setuju adalah sebagai berikut.
1.   Agama Allah
2.   Agama Orangtua
Nah, sebelum lanjut membahas tentang itu, kita ulas dulu apa sih yang dimaksud dengan agama ? Hm…gue punya beberapa sumber.
1.   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Agama adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
2.   Menurut Ayahanda Quraish Shihab dalam bukunya M.Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui
Agama adalah hubungan pribadi antara seseorang dengan Tuhan yang diyakininya, termasuk dalam hubungan itu pandangan dan perasaannya terhadap Yang Maha Kuasa lagi Maha Agung itu.
3.   Menurut Kamus Ilmiah Populer
Agama adalah keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan, akidah, din(ul)
4.   Teman – teman dapat mencari definisi lebih banyak lagi di referensi buku atau para ulama atau mbah google.
5.   Kalau udah paham, yuk baca lagi. Ini unsur penting yang ada dalam agama.
Kalau menurut Ayahanda Quraish Shihab, agama itu ada 3 unsur penting :
1.   kepercayaan tentang adanya Yang Maha Kuasa;
2.   kewajiban melakukan hubungan dengan Yang Maha Kuasa itu dalam bentuk – bentuk tertentu; dan
3.   kepercayaan tentang adanya hari pembalasan di mana keadilan diperoleh secara penuh.
Nah, kalau berdasarkan pemaparan dari Ustd. Bachtiar tentang dua agama, yang gue tangkep 3 unsur penting dalam agama itu adalah :
1.   kepercayaan tentang Yang Maha Kuasa;
2.   kepercayaan tentang aturan yang harus ditaati; dan
3.   kepercayaan tentang adanya hari pembalasan di mana keadilan diperoleh secara penuh.
Yuk kita bahas…soal dua agama yang ada di Islam.
1.   Agama Allah
Agama Allah itu ajaran dan kepercayaan yang diperoleh, diawasi, dibuat, dibimbing, pokoknya semuanya dari Allah.
Unsur Agama Allah :
a.      kepercayaan tentang Yang Maha Kuasa yaitu Allah;
b.      kepercayaan tentang aturan yang harus ditaati : Al-Qur’an, Hadist, Fiqih, Mazhab, dan Kitab – Kitab yang dibenarkan Allah; dan
c.       kepercayaan tentang adanya hari pembalasan dimana keadilan diperoleh secara penuh : pengadilan di hari setelah mati.
2.   Agama Orangtua
Agama Orangtua itu ajaran dan kepercayaan orangtua untuk anak – anaknya.
Unsur Agama Orangtua :
a.      kepercayaan tentang yang maha kuasa yaitu : Ayah dan Ibu;
b.      kepercayaan tentang aturan yang harus ditaati : Aturan Keluarga; dan
c.       kepercayaan tentang adanya hari pembalasan dimana keadilan diperleh secara penuh : pengadilan di hari setelah ketangkap basah melakukan kesalahan
NAH….PENGEN TAHU APA PERSAMAANNYA AGAMA ALLAH DENGAN AGAMA ORANGTUA ??? Ini dia…Ada lima kesamaan…
1.   Sama – sama punya pemimpin dimana kedudukannya maha kuasa.
2.   Sama – sama punya aturan.
3.   Sama – sama punya sanksi untuk pelanggaran aturan.
4.   Sama – sama punya nama komunitas dan nama pimpinan yang keren.
5.   Coba kembangin sendiri ye…(buktiin kalau emang paham…tenang kagak bakal ada yang menyalahkan…cukup loe aja yang tahu…)
NAH, ADA HITAM ADA PUTIH… ADA PERSAMAAN ADA PERBEDAAN
Ini diaaaaaaa…………..
PERBEDAAN
AGAMA ALLAH
AGAMA ORANGTUA
Nama Komunitas
Islam
Keluarga
Nama Pemimpin
Tuhan, Asma ul husna, Rabbi, Ilah, Lillah, Allah
Bokap Nyokap, Bakap Ibuk, Babe Enyak, Papa Mama, Ayah Bunda, Papi Mami, Abi Umi
Profil Pemimpin
Umur : tidak terhingga
Umur : tergantung Allah
Sifat : abadi dan maha sempurna
Sifat : tidak abadi dan tidak sempurna
Wujud : tidak terdefinisi
Wujud : manusia
Tugas : terserah Allah
Tugas : mengikuti aturan Allah
Kewajiban Anggota kepada pemimpin
Menyembah, Mematuhi segala perintah-Nya
Menghormati, Mematuhi segala aturannya dan bersikap kritis dengan etika
Kelebihan
Tidak terhingga
Lebih tua umurnya, lebih paham soal kebijaksanaan menjalani hidup (walau nggak selamanya bener)
Kekurangan
Nggak ada
Ada
Jumlah pemimpin
Satu
Dua (bisa lebih kalau poligami atau kawin-cerai atau poliandri)

Tu sebagian kecil…Sebenarnya maksud agama itu ada dua sifat yang harus kita pahami. Dua agama ini berbicara tentang dua garis, vertikal dan horisontal. Manusia beragama pasti taat. Walau kadang melanggar, tapi opini yang ada mengatakan bahwa aturan tertinggi itu aturan agama. Maksudnya, di dalam hidup itu kita harus membawa aturan tertinggi yang mana berasal dari Allah dan orangtua kita sendiri. Ini nih… Isinyaaaa….sekilas yang gue pahami.
AGAMA ALLAH
Agama Allah namanya Islam (maaf non Islam jangan tersinggung…silahkan baca judulnya lagi ya…) Dimana utamanya adalah beribadah (shalat, puasa, zakat)…Terus tambahkan dengan hal – hal shunnah. Ada banyak etika. Tapi ingat juga…sebelum bertindak pelajarilah semuanya terlebih dahulu. Jangan malu bertanya dengan yang sudah jago. Sederhana aja. Ini yang menurut gue wajib kalau loe ngaku loe ISLAM.
1.   Setidaknya sekali seumur hidup loe itu pernah syahadat dan percaya.
2.   Untuk cowok loe harus khitan saat akhil baligh.
3.   Dirikan shalat fardhu.
4.   Puasa wajib di bulan ramadhan.
5.   Berilah zakat fitrah.
Kalau yang jadi amalan tambahan nihh…penting juga untuk dipertimbangkan
1.   Perbanyak shalat shunnah.
2.   Perbanyak dzikir.
3.   Sempatkan mengaji.
4.   Puasa shunnah.
5.   Haji jika mampu dan dikatakan layak (ada syaratnya lhoooo)
6.   Pelajari hadist dan fiqih
7.   Jaga panca indra
8.   Jauhi larangan Allah
9.   Berjihadlah jika harus berjihad
AGAMA ORANGTUA
Agama Orangtua namanya keluarga. Ini kita bicara soal bagaimana kita hidup berdampingan dengan orang yang telah melahirkan kita. Ini yang wajib dilakukan. Nggak banyak kok.
1.   Hormati
2.   Nurut
3.   Kalau nggak sesuai ingat nomor satu…loe pasti ngertilah..adab berbicara dengan orangtua…semoga tidak khilaf.
Mungkin teman – teman yang tidak hidup di dalam keluarga yang bahagia seperti dalam sinetron Keluarga Cemara hanya bilang “ENAK BANGET LOE NGOMONG…!!” Tapi sebenarnya itu tergantung dari sikap kalian sebagai anak. Coba tengok salah satu artis yang cukup heboh saat cerai. AHMAD DANI dan MAIA ESTIANTY. Lihat Al, El, dan Dul tetap mampu menunjukkan hormat mereka walau mungkin awalnya mereka syok atau biasa – biasa aja karena udah ngerti. Intinya, mereka tetap dengan bangga menyebutkan ayah dan ibu mereka di depan media sebagai pendukung kesuksesan mereka (yang nonton penghargaan silet di TV) AL bilang makasing pada ayah bunda atas dukungannya…yah…di media juga sempat menyorot mereka tentang cara mereka berinteraksi dengan orangtua yang memang ada skandal. Udah skandal, disorot media lagi. Ditonton ribuan masyarakat. Hayooooooo…. Mereka keren. Kalau kalian bagaimana???? (jawab sendiri – sendiri ajah)
Menjadi orang yang patuh pada Agama Allah dan Agama Orangtua kagak bakalan sesat. Bakalan sukses. Mungkin berat. Tapi hasilnya pasti manis. Anak jalanan (misi permisi ye…) mereka pembangkang sama orangtua…hidup mereka cuman seneng buat diri sendiri. Ntar kalau tua mau ngapain? Bisa nggak anak jalanan yang benci orangtuanya masuk tv dan diacungi jempol masyarakat banyak? Yang ada dapat lemparan sepatu kayak pee wee gaskin lagi konser (maksudku anak jalanan yang cuman teller dan keliaran nggak jelas…buat mantan manusia jalanan yang sukses…ampura…maafin…anda tidak termasuk)
Buat anak yang nggak mau asal benci orangtua dan main tindakan sendiri juga banyak yang sesat akhirnya. Banyak dah. Hal – hal yang ada diluar sana. Gue juga pernah. Nggak usah ikut kegiatan gunung. Gue mbangkang. Hasilnya selama gue jadi anak gunung, nggak pernah tuh gue punye prestasi yang mbanggain. Peringkat terbawah di kelas iya, nilai ulangan banyak yang remidi iya, kulit gosong iya, banyak ngeluarin duit iya, hmmm…..hahahaha….
ITU KAWAN SEKILAS TENTANG DUA AGAMA…UNTUK AKHI DAN UKHTI…MARI KITA TEGAKKAN DUA AGAMA INI DALAM HIDUP KITA…INSYA ALLAH SELAMAT DUNIA AKHIRAT. AMIN…
Eiits….opini kali ini ada referensinya : Hasil Taddabur Qur’an dari Ustd. Bachtiar Nasir; Kamus Besar Bahasa Indonesia; Kamus Ilmiah Populer; M.Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui; Pengalaman Pribadi; Berita Televisi; Fenomena Kehidupan Masyarakat Sekitar.
Posting Komentar