Minggu, 16 November 2014

BERAWAL DARI KEGELISAHAN

Ini pelajaran yang gue dapet di acara coaching clinic writing bareng Raditya Dika. Satu poin yang dia berikan yang nancep banget di otak gue. Ide tulisan itu berasal dari banyak hal. Kalo ala Raditya Dika ide itu berasal dari kegelisahan. Kegelisahan kita akan suatu hal. Lebih rincinya atau pengembangannya ada tiga poin :
KEGELISAHAN + TUJUAN + HALANGAN
Contohnya :
Ide buku "Cinta Brontosaurus" berawal dari ini :
Kegelisahan : Cowok yang putus terus sama pacarnya karena menilai cinta itu bisa kadaluarsa
Tujuan : cari cewek lagi
Halangan : meyakini dirinya dulu bahwa cinta itu nggak kadaluarsa

Ya.....secara garis besar menurut Raditya Dika...nggak ada kegelisahan nggak akan ada hal yang dibahas. Tukuan juga tercipta berangkat dari kegelisahan.

Berbicara tentang ide yang berangkat dari kegelisahan, gue jadi inget dengan salah satu sahabat gue yang namanya Noe. Setiap ide kegiatan yang dia tuangkan juga berasal dari kegelisahan. Setiap kali dia ngumpulin anak - anak untuk mendiskusikan rencana kegiatannya, dia selalu berkata,"Gue kumpulin loe disini karena kita semua sedang gelisah hari. Kalo lo nggak gelisah...lo harus gelisah men..." Haha...gue hapal itu.

Berdasarkan pengamatan gue dari apa yang terjadi di sekitar, memang benar. Banyak hal terjadi berasal dari ide yang namanya kegelisahan. Itu pun juga berlaku di gua. Satu contoh nyata. Gue gelisah ketika orang bertanya cita - cita gue jadi apa dan jawaban gue ingin jadi penulis tapi gue masih labil mau nulis apa. Tujuan gue dari kegelisahan ini adalah gue mencari banyak guru, baca buku, dan ikuti pelatihan agar bisa nulis. Well...gue jadi berkegiatan yang berangkat dari kegelisahan.

Semua ide itu berawal dari kegelisahan. Gue setuju.
Apa kegelisahan loe hari ini?
Posting Komentar