Selasa, 01 April 2014

JILBAB DARI SUDUT PANDANG UKHTI FLO (MUALLAF DI SERIBU PURA)



It's me guys....berjilbab ? siapa takut ?
Sebagai umat Islam yang beriman, menutup aurat adalah kewajiban. Khusus bagi muslimah diwajibkan untuk menutup aurat mulai dari rambut hingga kaki. Tapi, tidak termasuk wajah dan telapak tangan. So, udah pasti dong sebagai muslimah sejati para ukhti wajib mengenakan pakaian panjang yang menutup seluruh tubuh kecuali telapak tangan. Sedangkan untuk bagian kepala, harus menutupi rambutnya hingga tidak terlihat sehelai pun dengan mengenakan kain yang biasa kita sebut dengan jilbab. Namun, tidak sedikit yang enggan untuk menjalaninya dengan berbagai alasan, seperti : gerah, nggak praktis, jadul dan nggak trendy, tidak siap lantaran masih merasa tidak siap secara batin, dan masih banyak lagi alasan – alasan lain yang menghambat kaum muslimah untuk tidak mengenakan jilbab dan juga pakaian yang sesuai dengan syari’at Islam.
Hmmm……sungguh miris banget kondisi seperti ini terus dibiarkan berlarut – larut. Nah, melalui tulisan ini saya ingin mencoba menjelaskan bahwa alasan – alasan di atas sebenarnya adalah hal – hal yang harus dihapus. Why…?? Saya jelaskan satu per satu ya…
Eits…tapi…setelah saya pikir – pikir alangkah lebih baik jika saya jelaskan tentang apa itu jilbab.
Jilbab adalah sejenis baju kurung yang lapang, yang dapat menutup kepala, muka, dan dada.[1] Ini sangat sesuai sekali untuk menutup aurat kita untuk bagian kepala, leher, dan juga dada. Sebagaimana yang tersirat di dalam Q.S An - Nuur : 31 yang artinya :
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”
Keharusan seorang muslimah untuk menutupi rambutnya hingga ke bagian dada inilah diwajibkan mengenakan jilbab.
Nah… udah pada tahu kan jilbab itu apa…??? Sekarang aku akan jelasin ke ukhti – ukhti sekalian bahwa alasan yang selalu dijadikan penghalang untuk memakai jilbab itu tidak tepat. Mulai dari yang pertama.
1.     Memakai jilbab dan pakaian yang serba tertutup itu gerah meeen…
Kalau secara logika memang… saat cuaca panas, mengenakan pakaian yang serba tertutup itu bikin gerah. Tapiiii… itu hanya berlaku untuk orang yang mengenakan pakaian dari bahan yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca. Yaaa…sebagai muslimah yang cerdas, kita bisa memilih pakaian serta jilbab yang berbahan kaos atau bahan – bahan yang cocok dipakai saat cuaca lagi panas. Misalnya neh.. katun, dsb. Masihkan kata gerah kamu jadikan alasan…???
2.    Jilbab itu nggak praktis
Wajar sich…dihitung dari waktu akan membutuh waktu ekstra untuk berjilbab daripada tidak berjilbab. Selain itu cara pemakaiannya yang agak ribet. Tapiiiii……masak iya sich… Kalau menurut aku nggak juga. Seseorang yang membutuhkan waktu lebih lama dalam memakai jilbab itu kan mungkin saja masih pemula. Jadi belum terbiasa memakai dan harus pelan – pelan dalam memakai jilbab. Nanti lama kelamaan juga pasti bica cepat. Ditambah lagi, bagi yang sibuk nehhh…. Wanita karir or pengacara (pengangguran banyak acara) kayak saya ini…. Hehehe… pokok bagi muslimah yang nggak punya banyak waktu, sudah tersedia di toko – toko jilbab yang siap pakai. Sedetik dua detik udah selesai. Kalau yak gini…dimana letak ketidakpraktisannya…????
3.    Pake’ jilbab buat kita terlihat jadul and nggak trendy
Eits…jadul…??? Nggak trendy…??? Siapa bilang… Banyak kok variasi model jilbab sekarang ini. Dan pastinya model – model jilbab ini bisa disesuaikan dengan model pakaian yang lagi ngetrend saat ini. Buktinya, banyak kok artis – artis yang tampil keren dengan balutan jilbab. Contoh nyata nih yee… Marshanda, Indah Dewi Pertiwi, dan masih banyak deh artis lainnya. So… buang jauh – jauh deh pikiran itu…
4.    Duh…belum siap batin gue…untuk pake jilbab. Nunggu hidayah aja dech…
Belum siap batin…??? Terus siapnya kapaaaan…??? Iya kalau besok masih punya waktu… kalau enggak…?? Sebenarnya kesiapan batin itu sudah ada sejak kita memeluk agama Islam dan tentunya kita sudah akhir baligh. Kok bisa…??? Iya dong… jilbab kan bagian dari Islam. Kalau kita siap menerima Islam sebagai agama kita, itu artinta kita udah siap menerima dan pastinya menjalankan semua kewajiban – kewajiban yang ada di dalamnya. Termasuk berjilbab.
Hidayah itu bukan sesuatu yang harus ditunggu seperti kita nunggu bus di halte. Tapi, ibarat sebuah gelar. Jadi, harus usaha. Caranya, ya dengan belajar memakai jilbab. Insya Allah…hidayah itu akan datang kepada kita. Tanamkan ini pada diri kalian… Let’s do it now…because I’m already…!!!
Inilah sekelumit tentang jilbab menurut pendapatku…bagaimana… masihkah ragu untuk mengenakan jilbab…?


[1] Al Quran Digital : Q.S Al – Ahzaab : 59
Posting Komentar