Minggu, 13 Mei 2018

DUKAKU UNTUKMU

Lagi dan lagi....
Mereka kembali mencuat ke negeri ini...
BOM kembali hadir...
Kali ini ia datang ke Kota BONEK... SURABAYA..

Gua emang enggak ngerti sisimatis mereka...
Tapi...apa yang telah terjadi dan menimpa umat Nasrani di Surabaya...
Gua cuman bisa bilang...RIP for you my familia....

SEMOGA TABAH
KITA HARUS TEGAR...
MASIH ADA HARI ESOK...

Minggu, 18 Maret 2018

SIANG YANG PANAS

Halo kawan...
Saat ini aku lagi ada di basecamp baru. Di posko K77. Poskonya anak - anak HIMAPRODI PBI.
By the way...
Di siang yang panas ini bagaimana dengan kehidupan kalian?
Adakah hal - hal yang membuat kalian BT, sedih, atau get down...??
Aku harap tidak ada...
Bersemangat selalu kawan...
Sesakit apapun itu...
Merek akan semakin merasa menang jika melihat kita jatuh dan tidak berdaya.......

BYE...........

Jumat, 09 Maret 2018

SURAT CINTA UNTUK MY SOMEONE

Sampai detik ini aku masih mencintaimu...
Semua hal....
Ketidakpastianmu....
Segala hal yang harus kuraba penuh tanya tanpa tahu jawabnya...

Sampai detik ini aku masih menantimu...
Meski tak pasti...
Kapan kamu kembali...

Senyum manis...wajah teduh...
Hati tenang...dan romansa yang penuh damai...

Sampai hari ini...
Aku masih di sini
Dengan hati yang sama...
Utuh..untukmu...


Sampai hari ini...
Masihkah kamu sudi mendengarku?

Be good boy...be good man...
Be the best....for me...

I LOVE YOU THEN...IF YOU FAIL...
I'LL MAKE IT SURE...
I WILL KILL YOU...HAHA...
I WILL KILL YOU WITH MY ARMS...I WILL BE HERE...TO HOLD YOU THEN...

PROMISE ME...

COME TO ME BY SOON...

WAL NIKMAH WAL SHABIRIN

FLORENSIA DITA DWI KURNIANTI

Kamar Tengah yang Sepi
Selamat malam guys...
Pernahkah kalian jatuh?
Pernahkah kalian gagal?
Jika pernah...berapa kali kalian mengalami itu?

Bercerita tentangku... JUJUR...
Aku PERNAH JATUH dan aku PERNAH GAGAL...

BERAPA KALI?

Aku TIDAK TAHU...yang jelas BERKALI - KALI...
YA...
BERKALI - KALI AKU JATUH DAN BERKALI - KALI AKU GAGAL...

Tapi...coba ingat....hal yang satu ini..

Pernahkah kalian berhasil?
Pernahkah kalian sukses?
Jika pernah...berapa kali kalian mengalami itu?

Bercerita tentangku....sekali lagi aku akan...JUJUR
Aku PERNAH BERHASIL dan aku PERNAH SUKSES

BERAPA KALI?

Aku juga TIDAK TAHU...yang jelas BERKALI - KALI...
YA...
WALAUPUN JUMLAHNYA TIDAK SEBANYAK SAAT AKU JATUH DAN GAGAL...

Tapi guys...
Dari sini aku jadi tahu satu hal....
DIBALIK KEBERHASILAN dan DIBALIK KESUKSESAN...
ADA BANYAK KATA JATUH DAN GAGAL yang WAJIB KITA LEWATI...

KENAPA HARUS BEGITU?

IBARAT PEPATAH...
"BERAKIT - RAKIT KE HULU...BERENANG - RENANG KEMUDIAN...
BERSAKIT - SAKIT DAHULU...BERSENANG - SENANG KEMUDIAN..."

SEPERTI FIRMAN ALLAH
"SESUNGGUHNYA BERSAMA KESULITAN ADA KEMUDAHAN"

SEPERTI JARGON YANG SATU INI
"WAL NIKMAH WAL SHABIRIN....ADA KENIKMATAN DIBALIK KESABARAN....KESABARAN MENGHADAPI KESULITAN..."

KENAPA HARUS MELEWATI ITU...KENAPA TIDAK INSTAN...

Seperti kita saat makan...kenapa harus merasakan lapar dahulu...baru kita makan. Di dunia ini manusia tidak akan makan jika tidak lapar atau dalam keadaan kenyang.

Begitu juga dalam hidup. Manusia tidak akan tahu atau berusaha untuk BERHASIL dan SUKSES jika TIDAK JATUH dan GAGAL terlebih dahulu.

Allah sengaja membuat skenario seperti ini untuk kita supaya kita tahu bahwa kita BUTUH RASA SAKIT untuk TAHU apa itu KEBAHAGIAAN.

O...Berarti KITA WAJIB MENCARI SAKIT...

ENGGAK USAH DICARI....TETAP CARILAH KENIKMATAN...

SEKALI LAGI....SAKIT ITU ALLAH YANG BUAT....IBARAT TAHU ISI....ISI DI DALAMNYA ITULAH RASA SAKIT...TAHU ADALAH KEINGINAN KITA...DAN RASA SAAT KITA MEMAKAN TAHU ISI ITULAH PROSESNYA...KENYANG SETELAH MAKAN TAHU ISI ITULAH KEBAHAGIAAN ATAU KESUKSESANNYA....

KESIMPULANNYA....RASA SAKIT ITU PASTI AKAN ADA KARENA MEMANG SUDAH SATU PAKET......

JADI JANGAN NYARI ISI TAHUNYA...CARI TAHU ISINYA....

BUATLAH MIMPIMU DAN BERSIAPLAH UNTUK MENGHADAPI SEGALA KONSEKUENSINYA...
JANGAN MENYALAHKAN ALLAH JIKA KAMU SALAH PILIH TAHU ISI YANG TERNYATA DALAMNYA CUMAN TOGE ATAU ISINYA TIDAK ENAK....JANGAN SALAHKAN JIKA KAMU SAKIT PERUT JIKA SALAH PILIH TAHU ISI...
CUKUP DOA DAN MOHON PETUNJUK...SEMOGA MAMPU MEMILIH TAHU ISI YANG LEBIH TEPAT SESUDAH ITU....

BANYAK GAGAL ITU WAJAR...BERARTI KALIAN PERNAH BERPROSES...

NGGAK PERNAH GAGAL ITU TANDA TANYA....KOK BISA YA? BERARTI HEBAT...ATAU NASIB YANG MUJUR...TAPI INI 1 BANDING SEMILYAR...BERUNTUNG JIKA MENJADI SEPERTI INI

TAPI....KALAU YANG NGAKUNYA NGGAK PERNAH GAGAL DAN NGGAK PERNAH SUKSES....TANDA TANYA BESAR...HIDUPNYA NGAPAIN AJA.....HARUS BANGUN DAN BANGKIT DARI ZONA NYAMAN...


AYO....BERANI BERBUAT WALAU BANYAK KEGAGALAN MEMBAYANGI...

SESUNGGUHNYA....HASIL TIDAK AKAN PERNAH MENGHIANATI PROSES...INGAT ITU YA?!!

FIGHTING AND VOILA..........!!!!!!

Minggu, 21 Januari 2018

CATATAN PERJALANAN AWAL TAHUN 2018



MY MEMORY WITH BUTAKALA’S FAMILY

(ANIVERSARY 9th D’TRAV BLITAR)

FOTO 1 FOTO BERSAMA D'TRAV FAMILIA
 
Hai guys…lama sekali saya tidak menulis cerita di blog tercinta ini. Nah, untuk mengobati rasa rindu pada dunia tulis via online ini…saya akan berbagi satu catatan perjalanan yang cukup istimewa hari ini. Judulnya…udah tertera di atas kan yak…tapi okelah…saya tulis lagi. MY MEMORY WITH BUTAKALA’S FAMILY (ANIVERSARY 9th D’TRAV BLITAR) di Pendopo Ronggo Hadi Negoro yang terletak di kantor kabupaten Blitar. Tepatnya di utara Aloon – Aloon kota Blitar. Oya, tepatnya kegiatan ini dilaksanakan tanggal 21 Januari 2018 mulai dari pkl 09.00 – 14.00 WIB. Gimana ceritanya…simak terus ya guys…

Kebiasaan jelek saya yang sedikit mengulur waktu untuk melakukan kegiatan membuat saya datang terlambat di acara yang cukup penting. Perayaan ulang tahun D’TRAV. Apa sih D”TRAV itu? D’TRAV itu komunitas pecinta traveling yang didirikan oleh sahabat saya di SMA sejak tahun 2009. Alhamdulillah tahun ini memasuki usia ke 9. Kalau tahun kemarin dirayakan dengan syukuran tumpeng di Perpustakaan Bung Karno Blitar, tahun ini perayaannya diadakan dalam bentuk seminar dan workshop di Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar yang terletak di utara Aloon – Aloon Kota Blitar. Saat saya tiba dengan motor beat kesayangan…hehe…acara sudah dimulai dengan kegiatan touring sekitar pendopo. Disana sudah ada beberapa guide yang memberikan penjelasan tentang bangunan yang ada disana. Sekilas dari yang saya simak, pendopo ini masih tetap berungsi sebagai acara upacara tertentu walaupun sekarang pemerintah kabupaten sudah memiliki kantor di kabupaten Kanigoro. Seluruh ruangan boleh dimasuki. Dimana ruangan ini terdiri dari beberapa ruang. Semuanya berisikan kursi dan meja yang ditata sedemikian rupa dengan ornament yang penuh nuansa klasik dan perpaduan eleganitas jaman sekarang. Namun, ada satu ruangan yang tidak boleh dimasuki yaitu ruangan bupati. Penasaran kan seperti apa isi yang ada di dalam pendopo…buat teman – teman yang penasaran…silahkan datang berkunjung setiap hari Minggu mulai jam 09.00 – 14.00 WIB. Pada hari itu dibuka untuk pariwisata umum lengkap dengan pemandunya. Oya, tiket masuknya GRATIS TOTAL….

Oke lanjut, setelah kegiatan touring acara dilanjutkan dengan kegiatan seminar dan workshop. Diantaranya terdiri dari pengenalan D’TRAV oleh salah satu pendiri D’TRAV…teman baik saya…Gali Hardyta. Selain pengenalan Mas Bro yang satu ini juga berbagi wawasan tentang bagaimana menjadi traveler yang smart. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Samsulanam, ST., MM., perwakilan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar. Judulnya Peran Traveler dalam Promosi dan Perkembangan Pariwisata. Materi yang beliau sampaikan sangat menarik. Lanjut materi ketiga yaitu dari Bapak Luhur Budiono selaku Ketua Porbudpar Kabupaten Blitar. Beliau menyampaikan wawasan tentang hak dan kewajiban traveler. Setelah penyampaian materi diadakan sesi tanya jawab. The next session is coffe break. Seluruh peserta diperbolehkan untuk menikmati snack dan minuman yang telah disediakan panitia. Bagi yang ingin melaksanakan shalat juga sangat disarankan. Sebagai pengantar pada sesi terakhir, panitia menyuguhkan satu penampilan tari kreasi tradisional berasal dari Jogja yang berjudul Tari Galier oleh salah satu anggota D’TRAV yang bernama Neneng Chusna. Penampilan yang cukup menarik dan menghibur. Lanjut ke sesi terakhir. Penyampaian materi yang sangat ditunggu – tunggu oleh semuanya. Termasuk saya (haha…kalau boleh jujur…ini materi yang paling membuat saya semangat untuk datang). Apakah itu ? Materinya adalah tentang PHOTOGRAPHY dari NICON CLUB JAWA TIMUR. Pematerinya bernama Nevi Destriandri. Disini dijelaskan tentang kunci utama bagaimana mengambil gambar dengan menggunakan kamera. Tentu saja dilengkapi dengan beberapa foto sebagai contohnya. Kemudian acara selanjutnya sesi tanya jawab. Di bagian akhir MC (baca: Zidny dan Hesti) membagikan hadiah doorprize berupa 4 sandal gunung dari azimuth dan sebuah kaos official dari D’TRAV. But, I have unlucky number. Saya gak dapat hadiahnya. Hahaha…eh salah…Hiks Hiks hiks…. Acara pun ditutup oleh MC dan diakhiri dengan sesi narsis berjama’ah. ASYEK.
Sangat menyenangkan sekali mengikuti kegiatan ini. Dari pemaparan materi yang sangat padat dapat saya ambil kesimpulan seperti ini.
“D’TRAV adalah komunitas yang memang murni ingin membagi wawasan tentang apa aja yang ada di Blitar. Dalam artian tidak hanya tentang pariwisata. Tapi juga tentang kebudayaan sebagai bagian dari asset bangsa dan sarana prasarana edukasi bangsa. Pokoknya segala sesuatu yang menjadi bagian dari sebuah perjalanan yang menyenangkan saat ingin berlibur atau melepas penat. Perjalanan edukatif dan dedikatif. Nah, untuk menjadi seperti itu harus menjadi traveler yang SMART. Salah satunya harus selalu pandai meperkirakan segala kemungkinan yang akan terjadi saat melakukan traveling. Seperti CUACA, ATURAN TEMPAT TERSEBUT, dan juga ATTITUDE. Nah, kalau sudah menjadi traveler yang SMART…ada nilai lebihnya teman – teman. Ternyata traveler itu memiliki nilai istimewa. Tahu nggak…traveler kan selalu memberikan informasi dari hasil perjalanannya ke publik, jadinya secara tidak langsung….informasi ini juga membantu pemerintah dalam mengembangkan dunia pariwisata di kota tercinta kita. Haha…keren kan? Itu yang menyampaikan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Blitar sendiri lho teman – teman…..yaitu sebagai bagian dari input dan output data dunia pariwisata. Tapi jangan berbangga berlebihan ya teman – teman. Kata Bapak Porbudpar tercinta kita….sebagai traveler harus sadar akan hak dan kewajiban yang dijalankan secara seimbang. Nah, untuk hal paling penting. Wakakakakakaka….hobi para traveler kita (termasuk saya). Narsis time…hahaha….nggak – nggak…tapi pembuatan dokumentasi gambar agar informasi yang diberikan lebih menarik. Kata Abang Nevi dari Nikon Club ini….semua harus dipelajari berdasarkan jam terbang. Semakin banyak berlatih akan semakin mahir. Eits…belajar apaan sih? Jepret – jepret doang? Yah…bertahun – tahun jepret juga udah. Tapi tetep aja nggak bisa hasilin foto yang bagus. Bukan itu….tapi belajar bagaimana mengatur cahaya, mengatur komposisi, dan angle foto. Nah, katanya butuh ketajaman feeling. Hehe….mau ahli foto…nyok giat berlatih. Apalagi kalau bisa ambil foto yang bagus bisa menghasilkan rejeki lho…..

Nah dari simpulanku yang puanjang tadi inti dari kegiatan tadi alias lebih intinya lagi berangkatlah menjadi traveler yang memiliki komunitas yang dapat dipertanggungjawabkan agar aman lahir batin. Terus pahami aturan – aturan menjadi traveler agar selamat lahir batin. Jangan lupa bagi hasil perjalanan untuk ikut serta mengembangkan pariwisata di kota kalian. Sekalian seimbangkan hak dan kewajiban. Terakhir, rangkum semua dalam dokumentasi yang cantik.

Hhhhhhh……………aku bahagia hari ini. Melewatkan hari bersama D’TRAV. Lumayaaaan…..dapat oleh – oleh sertifikat dan juga stiker. Oya, sama foto yang kece badai. Semua fotonya aku taruh di bawah ya guys.

Sekian dulu…catatan perjalananku yang mengisi kehidupan seorang DITA hari ini. Semoga aka nada catatan perjalanan lainnya lagi. BYE!!!!!!! (Kalau ada penulisan yang keliru…mohon maaf ya…keadaan sudah mulai hilang fokus).

FOTO 2 TOURING PENDOPO 1

FOTO 3 TOURING PENDOPO 2

FOTO 4 GUIDE DARI PENDOPO

FOTO 5 BERBURU INFORMASI PADA GUIDE YANG KEREN

FOTO 6 PEMBUKAAN SESI SEMINAR DAN WORKSHOP OLEH MC (ZIDNY DAN HESTI)

FOTO 7 SESI MATERI DARI BADAN PROMOSI DAN PENGEMBANGAN PARIWISATA KAB. BLITAR

FOTO 8 SESI WORKSHOP FOTOGRAFI

FOTO 9 SUASANA SEMINAR DAN WORKSHOP

FOTO 10 MASIH SAMAAAAA.....HEHE....

FOTO 11 ISI WAKTU SAAT COFFE BREAK......NARSIS TIME...MUKUCIH ADEK BAGUS UDAH MOTOIN

FOTO 12 PENAMPILAN TARI GALIER BY CHUSNA D'TRAV

FOTO 13 FOTO DENGAN CHUSNA SANG PENARI D'TRAV

FOTO 14 NARSIS DENGAN SLEMPANG #SHAREBLITAR DI DEPAN PINTU PENDOPO...MUUCIH UDAH DIPOTOIN (HHH....LUPA SIAPA TADI...ADEUH)

FOTO 15 SALAH SATU PEMBAGIAN DOOR PRIZE

FOTO 16 TERIMA KASIH PARA OPERATOR.....SEMANGAT!!!

FOTO 17 SELFIE BERJAMA'AH DULU SEBELUM PULANG

FOTO 18 NGINTIP SESI EVALUASI PANITIA


- THE END -


Kamis, 01 September 2016

CATATAN BEGADANGKU MALAM INI



Merasakan jatuh cinta secara penuh karena saling mencintai itu sangat indah. Merasakan menjadi manusia yang utuh. Seolah menemukan tempat untuk bergantung. Yah…mungkin itu memang sangat tepat jika kita kaitkan dengan istilah yang diucapkan oleh baginda Muhammad SAW tentang sosok perempuan yang diibaratkan sebagai kalung perhiasan. Kalung perhiasan ini baru akan terlihat cantik apabila dikenakan di leher seseorang. Nilainya akan benar - benar terlihat hidup. Wanita akan menggantungkan hidup pada sosok laki - laki.
Proses pencariannya pun tidak mudah. Terlebih dahulu bertemu dengan sosok yang tidak tepat. Okelah, mungkin tidak semua orang seperti ini. Ada juga yang langsung bertemu dengan sosok yang tepat. Tapi, di luar sana banyak juga yang harus berkelana dari satu sosok ke sosok yang lain hingga akhirnya bertemu dengan sosok yang pas. Tidak…itu bukan semacam pergaulan bebas penuh birahi dan nafsu. Tapi, lebih kepada dorongan rasa kesepian dan keinginan untuk dicintai. Aku lebih senang menyebutnya demikian.
Hm…jatuh cinta itu memang sangat rumit. Bahkan, jatuh cinta materinya tidak ada di sekolah. Katanya… Kalau kataku sebenarnya ada…dibalik keistimewaan diri yang didapat dari banyak belajar untuk menjadikan pribadi kita pantas maka, akan ada cinta disana yang menanti untuk menjemput kita.
Permasalahan hari ini adalah pribadi yang pantas untuk dicintai itu seperti apa ya? Pribadi yang cerdas akan ilmu pengetahuan ? cantik secara fisik ? ahli dalam kereligian ? tampan…cantik…atau hal - hal yang serba wah di mata manusia. Apakah itu ?
Bagiku….pribadi yang pantas dicintai adalah pribadi yang selalu siap menerima kekurangan dan menerima kelebihan pasangan. Inilah yang pantas dicintai. Tidak perlu mempunyai kriteria seperti di atas. Bagiku cinta itu menemukan kepribadian yang tidak sempurna tapi dilihat tetap sempurna. hahaha… Semua itu hanya akan tercipta dengan satu kata. PENERIMAAN.
Kok di sekolah ? Ya…di lembaga pendidikan karakter. Dengan memahami karakter akan membuat kita paham tentang manusia. Akhirnya kita bisa belajar untuk menilai secara bijak.
Satu hal juga jangan pernah dilupakan. KEYAKINAN PADA SANG ILLAH…DIA YANG MENJADI JURU MAK COMBLANG PALING DAHSYAT DI DUNIA INI MELEBIHI MAKHLUK MANAPUN.
Hm…Berbicara tentang cinta malam ini…semoga seseorang yang diam - diam mengobati lukaku…mendapatkan tidur dan mimpi yang indah untuk malam ini…nice dream untuk kamu…

Sabtu, 06 Agustus 2016

DARI PINTU KE PINTU



INI DIA GUA WITH PUNK COMUNITY...GUA YANG CEWEK SENDIRI YA GUYS...EDISI NGAMEN BARENG

Hai guys…beberapa hari gua gak ngisi blog ini bukan karena nggak ada hal - hal menyenangkan untuk gua bagi ke kalian semua. Banyak banget. Bahkan, sampek capek badanku…Dan juga yang ini nih yang lebih penting lagi…gua rasa momen beberapa hari yang lalu susah untuk gua bagi karena gak ada gambar dokumentasi yang benar - benar akurat tentang itu.
Balik lagi ke cerita perjalanan yang pengen banget gua share ke kalian. Gua bener - bener nggak nyang kalau gua bakal dapet kesempatan yang udah gua pengen banget bertahun - tahun yang lalu sejak gua masih SMA. Sejak gua ngeliatin mereka nongkrong bikin konser di sekolah gua. Aula SMASA Blitar. Kalian tahu gak itu apa ? Nongkrong dan ngamen bareng sama anak PUNK…ya…walaupun anak - anaknya pada kecil or ABG semua…karena umurnya di bawah gua semua….hihi…serasa seperti dapat koleksi adek lagi…hahaha….tenang anak - anak…saya perempuan baik - baik dan tidak menggigit (maksudnya?)
Kronologi ceritanya seperti ini. Tiba - tiba aja temen gua atau yah panggil saja dia Kiki dari PBB. Dia juga lebih muda dari gua. Ngajakin gua buat ke pesta ultah temannya. Tapi nggak jadi. Nggak tahu kenapa alasannya yang jelas nggak jadi. Terus dia telfon pacarnya dan ngajak ketemuan. Maaf…saya tidak bermaksud mendukung apalagi mengekspos cerita cinta ABG. Ini juga di luar kendali saya. Sebagai orang yang baru kenal. Tapi…semoga semuanya berakhir baik - baik dengan keputusan apapun itu yang penting tetap DAMAI.
Pacarnya ngajak ketemuan or gimana gua nggak tahu. Yang jelas keduanya saling bertemu. Di Wlingi. Lokasi lebih detailnya aku lupa. Kita berdua ketemu di dekat lampu merah pertigaan Wlingi arah ke Malang. Disanalah kita dijemput. Nanti gua perkenalkan satu per satu namanya. Atau sekarang aja ya…pacarnya temen gua itu namanya Destian or Tian. Nah…dia menjemput kita berdua bersama temannya yang punya julukan Plontos (heran juga karena rambutnya tidak plontos). Kami berempat tukeran posisi sopir. Aku dibonceng sama Plontos dan Kiki sama Tian. Nongkrong dah kita berempat di salah satu warung lesehan pinggir jalan. Disana sudah ada tiga orang yang menunggu. Ada Triwuk, Ririd, dan Aris. Perkenalan pertama gua dengan mereka yang gua pikir udah pada gede - gede karena gua cuman menilai dari fisik yang lebih tinggi dari gue. Haha…gua lupa semua anak SMP pun kayaknya juga pada lebih tinggi dari gua. Hm…sadar diri kalau kontet.
Awalnya habis pesan minuman kopi susu dan menghabiskan satu batang rokok…kami semua cabut ke rumahnya Ririd yang ada di Desa Doko. Disana kami menghabiskan malam dengan berbincang - bincang. Banyak banget yang diobrolin. Damn jangan berkhayal saya dan mereka diskus seperti orang yang sekolah tinggi. Kami semua ngobrolin sesuatu yang sederhana dan simpel daaaaan lebih banyak bercandanya. Tapi, mungkin karena niatan kami yang ikhlas buat bersaudara jadinya apapun itu tetap berkesan. Besoknya kami ngamen dari rumah ke rumah. Kami semua bagi tim. Ada yang ngamen dan ada yang bertugas untuk menjemput. Soalnya lokasi ngamen jauh dari rumah kami nginap. Ada dua babak kami ngamen. Babak pertama yang ngamen gua, Tian, Plontos, Triwuk, dan Aris. Ini dipecah lagi jadi dua tim. Tim pertama gua, Tian, dan Plontos. Tim kedua ada Triwuk. Hasil ngamennya cukup lumayan. Babak kedua ada gua lagi bersama Aris dan Tian sebagai tim pertama dan tim keduanya ada Ririd dan Plontos.
Hasil ngamen babak pertama dari tim pertama dapat 30rb tapi 3500 dibelikan rokok dua batang dan segelas minuman. Jadi yang disetor tinggal 26500. Dari tim kedua dapat 13000. Totalnya untuk babak pertama 39500. Dari sini kita ngumpul kembali dan dijemput di kuburan. Lokasi ngamen sorry banget gua lupa daerah mana. Ntar kapan - kapan gua nanya ama anak - anak. Sebelum lanjut ke babak kedua, kita sepakat untuk memenuhi hasrat gue. Makan. Lapar. Kita semua beli nasi pecel harga berapa aku nggak tahu bagian yang bayar dan pegang uang adalah si Plontos. Yang jelas kita beli nasi pecel, satu botol Aqua 1,5 liter, dan sebungkus rokok U Bold (haha…endors). Habis itu kita semua pergi ke tempat yang aku nggak tahu dimana…itu ada wiharanya yang lagi dibangun. Pokoknya tempat asyik banget. Di sini kita rehat sebelum ngamen lagi. Foto - foto, nyanyi - nyanyi, dan merokok.
Hasil ngamen babak kedua gua baru tahu pas malemnya. Kata Tian lewat telpon hasilnya dapat 30000 semua…kalau gua gak salah denger. Tapi berapapun hasilnya it’s okelah…gak penting…yang penting kisahnya. Pulang dari ngamen untuk kembali ke rumahnya Ririd aja masih butuh perjuangan kayak malam sebelumnya. Gua heran itu motor gampang banget bensinnya habis. Jadinya pasti kalau pergi bawa motornya siapa aku nggak tahu yang jelas punyanya Tian cs harus siap - siap dorong or bingung cari bensin. Hahaha…seru seru seru seru… Habis dari situ gua dan Kiki pulang deh dengan damai.
Sebenarnya kisah DARI PINTU KE PINTU ini benar - benar bawa banyak hikmah buat gua…tentang pergaulan yang sering banget didiskriminasikan tanpa filter dan minta ampun kumpulan yang berbasic dikira sampah ini tidak mendapatkan penilaian secara bijak hanya lantaran beberapa oknum yang liar dan tak bertanggung jawab mencoreng moreng sejarah perjalanan dari suatu komunitas. Bersama anak - anak ini gua benar - benar belajar hidup sederhana tanpa banyak fasilitas. Berasa kayak jadi survivor gitu…jadi…makannya kalau habis ngamen dulu…baru bisa makan…kerja dulu baru makan…boleh miskin tapi jangan ngemis…saudara sebisa mungkin harus saling jaga. Oya…gua harap gua masih bisa ketemu lagi sama mereka semua…anak - anak PUNK versi mudanya. Sebenarnya sayang juga sih ya…terlalu banyak menghabiskan waktu di komunitas saja tapi mengesampingkan hal yang lain. Kayak salah satu dari mereka yang sempat cerita sedikit tentang latar belakang pendidikannya. Aku cari tahunya dengan cara melemparkan pertanyaan yang tidak membuat dia tersinggung tapi gua dapat banyak jawaban tentang sedikit - sedikit profil hidup anggota PUNK. Dari ciri khas pakaiannya yang sangat menonjol hanya dia saja. Anting besar, celana pensil, tato, rambut semir, dan aura atau karakter penampilannya sangat kental sekali dengan anak PUNK pada umumnya. Ikut PUNK dari SD kalau nggak salah. Sampek sekarang dan kira - kira umurnya 23 tahun. Bisa bibayanginlah berapa tahun dia hanya mau hidup di jalan. Benar - benar PR banget buat kita semua kenapa masih aja ada anak yang berontak dengan sosial masyarakat dan hanya memilih komunitas yang minor atau yang sedikit pendukung dibangdingkan dengan komunitas yang lain. Melihat sosok dia semacam salah satu bentuk perwakilan pemberontakan anak - anak PUNK tentang hidup masyarakat yang memang belum bisa dikatakan adil dan bijak. Yang mungkin masih tidak memihak semua lantaran tertutup oleh ulah oknum - oknum tertentu. Sekarang gua gak hanya cuman teroti aja tapi juga gua benar - benar ketemu dan sempat hidup bareng selama 24 jam bersama mereka. Eh nggak sampek sih…pokoknya walaupun sebentar doang gua sempat ngobrol intens dengan mereka. Hope…someday mereka akan nyadar suatu saat hidup itu nggak cuman itu - itu aja…Dan segera pulang untuk menjadikan hidup lebih baik. Sehingga hidup di jalan dijadikan lahan pendidikan dikala mereka tidak mampu mengikuti program pendidikan dari negara. Sehingga, hasilnya pun tidak mubazhir…Nah…yang jadi pertanyaannya pendidikan seperti apakah itu ? Susah gua jelasinnya…karena semua itu sangat rumit untuk dijelaskan. Tapi yang paling banyak sih filosofi kesederhanaan hidup ditengah - tengah pergolakan zaman yang sarat dengan kriminalitas dan kegelapan hidup…
DARI PINTU KE PINTU kumainkan lagu dengan nada - nada sederhana. Kusenyumkan bibirku untukmu…Semoga hari ini berkesan. DARI PINTU KE PINTU kami kirimkan pesan pemikiran kami…mohon maaf apabila kurang berkenan karena kami masih belum mampu menerima hal - hal sopan penuh topeng…itulah kira - kira hal yang bisa aku petik sementara ini..tentang DARI PINTU KE PINTU…
Dari sini…gua…FLO…salam persaudaraan untuk semuanya…love u all…

Nb : semua profil yang gua sebutin gua gak ekspos fotonya secara gamblang karena gak lengkap…hehe...dan kabar buruk saat tulisan ini dibuat Kiki dan Tian sudah putus..karena maybe,,,tidak cocok…lagi2 percintaan anak muda yang mudah galau…OYA INI YANG PUALING PENTING…Buat yang inget atau mungkin baru aja baca artikel gua yang judulnya KOMUNITAS URAKAN PENGUASA LAMPU MERAH JALAN RAYA  yang gua publish tanggal 02 Februari 2015 akhirnya gua ngerasain ngamennya walau masih cuman dari pintu ke pintu aja…gua juga ngrasain tongkrongannya…hehehe…apapun itu semoga SEHAT SELALU…we will find our way to can survive…J